Wujudkan Ibu Hamil yang Sehat, Pemdes Padang Pandan Adakan Kelas Ibu Hamil

BENGKULU SELATAN | Majalahpost.com – Pemerintah Desa Padang Pandan gelar kegiatan sosialisasi kelas ibu hamil yang dilaksanakan di kantor desa setempat. Pelaksanaan kegiatan tersebut pada pagi hari Selasa, 5 September 2023 yang diikuti oleh peserta ibu hamil, kader posyandu. Turut menghadirkan narasumber Bidan Desa ibu Isahayati STr, Keb.

Narasumber memberikan materi tentang persiapan kelahiran diantaranya perlengkapan ibu dan anak seperti baju bayi, sabun, tisu basah dan kering, handuk, bedong dan pakaian lengkap ibu.

Selain itu, Kartu keluarga dan ktp juga harus dipersiapkan sebagai kelengkapan administrasi kependudukan dalam proses kelahiran nanti.

Semua perlengkapan tersebut hendaknya dimasukkan dalam satu tas agar sewaktu waktu terasa tanda-tanda kelahiran bisa langsung dibawa tanpa mencari cari perlengkapan tersebut.

Yang tidak kalah pentingnya dari semua perlengkapan tersebut yaitu uang. Persiapkan sedini mungkin perkiraan biaya kelahiran, agar nantinya proses kelahiran dapat berjalan lancar.

Perlengkapan yang perlu Bumil bawa meliputi:

1. Tas berisi pakaian dan peralatan mandi

2. Perlengkapan bayi

3. Makanan ringan

4. Bantal dan selimut yang nyaman

5. Buku, majalah, atau barang lain yang bisa menemani Bumil menunggu persalinan

6. Kamera video dengan baterai yang telah terisi penuh beserta charger, jika Bumil ingin mengabadikan momen melahirkan.

Selain perlengkapan melahirkan, Bumil juga sudah harus memastikan siapa yang akan mendampingi Bumil selama persalinan. Bumil bisa memilih suami, orang tua, saudara, atau teman. Pastikan mereka siap menemani Bumil saat persalinan dimulai.

Beberapa tanda-tanda kelahiran harus diketahui oleh para ibu hamil di antaranya:

1. Bayi turun

2. Pelebaran rahim

3. Peningkatan kram dan nyeri punggung

4. Sendi terasa lebih longgar

5. Sulit tidur

6. Lebih sering buang air kecil

7. Kontraksi palsu

8. Keluar lendir kental bercampur darah

9. Air ketuban pecah

Tujuan dari teredukasinya Ibu Hamil adalah agar tidak ada kematian bayi lahir dan ibu melahirkan. Selain itu ini merupakan tujuan dari pemerintah untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas dan berkualitas. Besar harapan dengan hadirnya program kelas hamil ini, dapat menekan pertumbuhan angka anak stunting dan lahirnya bayi-bayi sehat yang terpenuhi kebutuhan gizinya. (Diki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!