Upaya Penyuluhan dan Pencegahan Penyakit, Pemdes LSI Laksanakan Program Posyandu Lansia

Gambar Baju Batik Hijau Corak Putih : Kades Lubuk Sirih Ilir (LSI) saat memantau kegiatan Posyandu Lansia di bantu tenga Kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Manna beserta anak-anak Mahasiswa KKN UNIB

Bengkulu Selatan | majalahpost.com – Posyandu lansia adalah wadah pelayanan untuk warga lanjut usia. Pembentukan dan pelaksanaannya dilakukan berdasarkan inisiatif masyarakat yang di fasilitasi oleh Pemerintah Desa.

Gambar baju kuning : Tenkes Desa di bantur para Kader Posyandu melaksanakan cek tinggi badan para lansia

Hal itu disampaikan Herwan Afrijal selalu Kepala Desa Lubuk Sirih Ilir (LSI) Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan pada saat menghadiri acara kegiatan Posyandu Lansia di Desa setempat. Kamis (14/07/2022).

Menurut Rijal, Posyandu lansia,
ada susunan kepengurusan yang akan menjalankan program-program yang telah dirancang. Program-program tersebut umumnya dititik beratkan pada upaya penyuluhan dan pencegahan penyakit.

Para lansia sedang mengantri menunggu panggilan oleh Tenkes Desa untuk di cek kesehatannya

“Pelayanan Posyandu lansia melalui program dan kadernya pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup para orang tua yang lebih rentan terhadap penyakit,” ujar Rijal.

Dirinya juga menuturkan, Pos pelayanan terpadu atau yang sering disebut sebagai Posyandu seringkali hanya dianggap berhubungan dengan bayi dan ibu hamil. Padahal, Posyandu lansia juga bisa dibentuk terutama jika di area tersebut banyak terdapat warga lanjut usia.

Di desa lubuk sirih ilir sendiri, kata Rijal, Pelayanan Posyandu dilaksanakan setiap satu bulan sekali yang di gerakan langsung oleh para ibu-ibu Kader Posyandu Desa, dengan melibatkan tenaga Kesehatan Desa dan tenaga Kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Setempat.

Mengenai untuk obat-obatan dan makan tambahan lansia, Rijal menjelaskan, khusus untuk obat-obatan itu disiapkan oleh Puskesmas Kecamatan setempat secara gratis, sedangkan untuk makanan tambahan seperti, susu telur, dan Roti itu disediakan oleh Pemerintah Desa sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan Desa.

Dari pantauan wartawan majalahpost.com, para orang tua secara bergantian di cek kesehatannya, pengecekan tersebut dari mulai cek tensi darah, tinggi badan, berat badan.

Setelah dilakukan cek kesehatan para orang tua lanjut usia ini di beri obat-obatan sesuai dengan dosisnya.(adv/eji)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!