Tata Ismadi Kades Telaga Dalam PiRa BS Ajak Masyarakat Ikut Berpartisipasi Dalam Membangun Desa

Tata Ismadi Kepala Desa Telaga Dalam Kecamatan Pino Raya Bengkulu Selatan menyampaikan sambutan dalam acara musyawarah RPJMDES (majalahpoat.com/Epan Junali)

Bengkulu Selatan | majalahpost.com – Pemerintah Desa Telaga Dalam Kecamatan Pino Raya (PiRa) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) menggelar kegiatan musyawarah rencana penyusunan dokumen rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMDESA) untuk tahun anggaran 2022 s/d 2027. Rabu (27/10/2021).

Peserta musyawarah RPJMDES (majalahpost.com/Epan Junali)

Dalam kegiatan tersebut turut di hadiri Camat Pino Raya Hendri Farizal, SE, Babinsa desa setempat Serda Asril ridwan, Ketua BPD Desa setempat beserta anggotanya dan beberapa perwakilan dari masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu Kepala Desa Telaga Dalam Tata Ismadi dalam sambutanya menyampaikan, kegiatan pelaksanaan musyawarah RPJMDES ini merupakan sala satu rangkaian kegiatan Kepala Desa untuk menampung usulan dan aspirasi dari masyarakat di dalam menyusun rencana pembangunan desa untuk jangka waktu enam tahun.

Oleh sebab itu, di dalam musyawarah ini dirinya mengharapkan kepada seluruh masyarakat yang hadir di tempat ini untuk menyampaikan usulan, baik itu usulan pembangunan fisik, non fisik, usulan peningkatan pendidikan, usulan peningkatan kesehatan dan usulan-usulan lainya.

“Intinya, saya mengharapkan sekali kepada masyarkat untuk memberi usulan pembangunan untuk kemajuan desa kita enam tahun ke depan,” ungkap Tata Ismadi.

Ismadi mengajak seluruh masyarakat desa telaga dalam untuk terlibat dan berpartisipasi di dalam memajukan pembangunan di desa telaga dalam ini, sebab desa telaga dalam saat ini masih banyak tertinggal dari desa-desa lain yang berada di Kecamatan Pino Raya. Menurutnya sala satu contohnya jalan masih banyak yang rusak, akses menuju pertanian masih kurang, kesejahteraan masyarakat masih kurang.

“Harapan saya, ke depan desa kita ini bisa lebih baik dan lebih maju dari desa-desa yang berada khususnya di kecamatan pino raya, kalaupun tertinggal jangan tertinggal jauh nian, oleh karena itu saya mengajak masyarakat untuk terlibat di dalam menyusun proses perencanaan menuju desa maju,” pungkasnya.

Lanjut Ismadi, usulan-usulan yang di sampaikan dari masyarakat tentunya ulasan pembangunan untuk kemajuan desa, bukan usulan yang bersifat kebutuhan pribadi atau golongan, sebab tujuan dari pada pembangunan desa itu adalah untuk mensejahterakan seluruh masyarakat desa telaga dalam.

“Mari kita bekerjasama untuk membangun desa ke arah yang lebih baik dan lebih maju,” ajak Tata Ismadi.

Hendri Parizal, Se Camat Pino Raya berada di tengah masyarakat para peserta musyawarah RPJMDES (majalahpost.com/Epan Junali)

Ditempat yang sama, Camat Pino Raya Hendri Farizal, SE menyampaikan, partisipasi masyarakat di dalam melakukan proses perencanaan pembangunan desa sangat di butuhkan. Tanpa adanya partisipasi dari masyarakat suatu desa tidak akan bisa lebih baik dari sebelumnya, bahkan bisa lebih ketinggalan dari desa-desa lain.

Menurut Hendri, selain partisipasi, dukungan dari masyarakat kepada Pemerintah Desa di dalam menjalankan dan merealisasikan keinginan masyarakat sangat di perlukan, oleh karenanya, dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat desa telaga dalam untuk bersatu dan mendukung apa-apa yang sudah di putuskan di dalam musyawarah ini.

“Hasil musyawarah RPJMDES ini, akan di jadikan sebagi pedoman Pemerintah Desa untuk menentukan prioritas pembangunan desa yang akan di tuangkan di dalam dokumen Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDES) untuk tahun 2022,” jelas Camat.

Pantauan wartawan majalahpost.com di lapangan, acaranya berjalan dengan aman, dan tertib, sempat ada terjadi debat usulan, tapi hal itu bisa di atasi.(eji)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!