Sah! Masa Jabatan Kepala Desa 8 Tahun, RUU Desa Resmi Jadi UU

Jakarta | Majalahpost.com – Kepala desa memiliki masa jabatan selama 8 tahun, dan dapat dipilih lagi maksimal dua periode. Kepastian ini didapat setelah DPR RI secara resmi mengesahkan revisi Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa pada rapat paripurna ke-14 Masa Persidangan IV, Tahun Sidang 2023-2024, Kamis (28/03/24).

Ketua DPR Puan Maharani memimpin rapat paripurna didampingi dua Wakil Ketua DPR, Lodewijk F Paulus dan Sufmi Dasco Ahmad.

Apakah Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa menjadi undang-undang? Setuju ya? tanya puan kepada para peserta rapat paripurna.

Palu pun diketok sebagai tanda revisi UU Desa tersebut sah, setalah peserta rapat menyatakan “Setuju”.

Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Supratman Andi Agtas mengatakan terdapat 26 angka perubahan dalam revisi tersebut. Salah satu perubahan yang penting adalah masa jabatan kepada desa menjadi 8 tahun dan dapat dipilih paling banyak 2 kali masa jabatan.

“Dari sembilan fraksi menyetujui secara bulat agar revisi UU Desa bisa dibawa ke dalam rapat paripurna DPR untuk ditetapkan dan disetujui menjadi undang-undang,” kata Supratman.

Sebelumnya, Baleg DPR menyepakati Revisi Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dalam rapat Pengambilan Keputusan Tingkat 1 Rapat Panitia Kerja (Panja) Baleg DPR RI bersama Mendagri, Senin (05/02/24).

Wakil Ketua Baleg DPR RI Achmad Baidowi atau biasa disapa Awiek mengatakan, salah satu poin krusial yang disepakati dalam revisi UU Desa adalah masa jabatan Kepala Desa menjadi 8 tahun yang bisa dipilih paling banyak 2 kali masa jabatan.

“Kami menangkap aspirasi dari Asosiasi Kepala Desa dan Perangkat Desa yang menginginkan mendesak UU Desa itu direvisi dan sudah kita tangkap itu dan menjadi usulan inisiatif DPR,” ujar Awiek.

Rapat paripurna DPR kali ini dihadiri sebanyak 303 anggota DPR dari total 575 anggota DPR. Perincian anggota dewan yang hadiri adalah 69 anggota hadir secara fisik dan 234 anggota secara virtual. (MP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!