RPJMDES Ditetapkan, Kades Manggul : Pembanguan Skala Prioritas Yang Menggunakan APBDES Akan Direalisasikan Secara Bertahap

Junaidi Kades Manggul bersama Ketua BPD (Milkan) memperlihatkan berita acara penetapan RPJMDES tahun qnggaran 2021 s/d 2027 (majalahpost.com/Epan Junali)

Bengkulu Selatan | majalahpost.com – Musyawarah Penetapan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDES) Desa Manggul Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan berjalan cukup alot. Kamis (02/12/2021).

Perwakilan masyarakat, tokoh pendidikan, tokoh perempuan menandatangani berita acara penetapan RPJMDWS tahun 2021 s/d tahun 2027 (majalahpost.com/Epan Junali)

Pasalnya dari beberapa sub Bidang kegiatan yang di paparkan oleh Ketua Tim Penyusunan dokumen RPJMDES mendapat sorotan dari peserta musyawarah, sala satunya sub bidang kegiatan pengelolaan sampah, warga menilai sub bidang kegiatan pengelolaan sampah sudah berulang kali di usulkan tetapi sampai saat ini masih belum juga di realisasikan.

“Intinya kami minta pembangunan tempat sampah kalau memungkinkan di realisasikan tahun 2022, sebab sampah di desa kita ini di buang di tanah orang,” ujar sala satu warga.

Mendengar hal tersebut, Kepala Desa Manggul Junaidi selaku Pembina dalam penyusunan dokumen RPJMDES ini menyampaikan, seluruh kegiatan yang sudah termasuk di dalam dokumen RPJMDES akan di usahakan untuk direalisasikan dengan cara bertahap, sebab kegiatan yang di usulkan oleh masyarakat berlaku selam enam tahun atau selam jabatan Kepala Desa, dan bahkan apabila dalam masa jabatan Kepala Desa belum juga di realisasikan maka bisa di usulkan kembali ke dalam RPJMDES selanjutnya.

“Seluruh usulan dari masyarakat akan kami usahakan untuk di realisasikan,” uajar Kades.

Dirinya juga menjelaskan, apabila usulan dari masyarakat tidak bisa di danai oleh Angaran Pendapatan Belanja Desa (APBDES) maka akan di usulkan melalui APBD Kabupaten, APBD Provinsi, dan APBN Pusat. Akan tetapi apabila mampu di biayai oleh APBDES maka akan kita realisasikan secara bertahap selama enam tahun dan disesuaikan dengan skala prioritas.

Ditempat yang sama, Pendamping Desa Kecamatan Ani Yuwono menyampaikan, untuk skala prioritas tahun 2022 usulan yang di ambil dari RPJMdes harus mengacu pada Peraturan Mentri Desa No. 07 tahun 2021. Sebab yang menjadi prioritas Dana Desa tahun 2022 di arahkan untuk percepatan pencapaian aksi SDGs desa.

“Ada tiga skala prioritas penggunaan dana desa tahun 2022, yang pertama, Pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa, ke dua prioritas nasional sesuai kewenangan desa, dan ke tiga mitigasi bencana alam dan non alam sesuai kewenangan desa
Ini nanti untuk dasar penyusunan,” jelasnya.

Masyarakat peserta musdes penetapan RPJMDES tahun 2021 s/d tahun 2027 (majalahpost.com/Epan Junali)

Seusai menghadiri kegiatan penetapan RPJMDES, Kapolsek Manna IPTU Yevi Mulyadi, S.Sos menyampaikan, dirinya meminta kepada masyarakat desa manggul untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban du masyarakat, terlebih saat ini masih dalam suasana Covid-19, oleh sebab itu dirinya mengingatkan warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, dan pada kesempatan itu juga Kapolsek mengajak masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi.(adv/eji).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!