Daerah  

RKPDES T.A 2022 Ditetapkan, BPD Ajak Pemdes dan Lembaga Desa Ketaping Untuk Bersinergi

Ketua BPD Wawan Febrianto dan Kades Aprino Maryogi memperlihatkan berita acara penetapan RKPDES T.A 2022 (majalahpost.com/Epan Junali)

Bengkulu Selatan | majalahpost.com – Akhirnya setelah melalui proses musyawarah Desa. Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Ketaping Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan menyepakati dokumen Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDES) tahun anggaran 2022. Rabu (19/01/2022).

Ketua BPD Ketaping Wawan Febrianto kepada wartawan majalahpost.com menyampaikan, setelah melalui proses musyawarah desa dan sekaligus mendengar pemaparan dari ketua tim penyusun dokumen RKPDES tentang rencana kegiatan yang akan di laksanakan tahun 2022, seluruh peserta musyawarah menyepakati dokumen tersebut untuk ditetapkan.

“Hari ini alhamdulilah kita sudah menetapkan RKPDES, tentu kesepakatan ini berdasarkan hasil musyawarah bersama masyarakat, kita langsung tanda tangan Perdesnya,” ujar Wawan.

Wawan berharap, setelah dokumen ini ditetapkan, Pemerintahan Desa untuk segera melanjutkan pembahasan ke tahap selanjutnya, yaitu pembahasan tentang penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (R-APBDES), sebab menurutnya acuan Pemdes dalam menyusun R-APBDES acuan nya sudah ada yaitu RKPDES.

Dirinya juga mengajak Pemerintah Desa untuk tetap menjalin kerjasama dan bersinergi dengan seluruh lembaga yang ada di desa, tujuannya aga setiap program kegiatan yang akan dilaksanakan bisa berjalan dengan baik.

Wawan juga mengingatkan Pemerintah Desa dalam melaksanakan setiap program kegiatan untuk mempedomani aturan yang berlaku, tujuannya agar tidak terjadi permasalahan hukum di kemudian hari.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Ketaping Aprino Maryogi, SH menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh jajaran yang telah meluangkan waktunya untuk melaksanakan penyusunan RKPDES.

“Saya ucapkan terimakasih kepada tim, yang telah membantu kami dalam melaksanakan proses penyusunan RKPDES,” ungkap Yogi panggilan akrab Kades.

Menurutnya, hasil penetapan RKPDES tahun anggaran 2022 yang disepakati oleh BPD pada hari ini tidak terlepas dari hasil kerja keras tim dalam bekerja.

“Saya siap untuk bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat dan lembaga desa demi untuk membangun desa ketaping yang lebih baik dan lebih maju,” ungkap Yogi.

Yogi juga berharap kepada BPD, Perangkat Desa, lembaga Desa dan terkhusus kepada masyarakat desa ketaping untuk membantu dan mendukung dirinya dalam menjalankan program kegiatan yang sudah di sepakati bersama dalam RKPDES.

Sebagai informasi terkait dengan program prioritas di tahun 2022, Yogi menjelaskan, program kegiatan di tahun 2022 lebih banyak di bidang sosial, seperti program BLT, program Ketahanan Pangan dan program pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

“Anggaran Dana Desa (DD) tahun 2022 lebih di fokuskan kepada 3 sub bidang kegiatan sosial, seperti
untuk anggaran BLT 40 persen, anggaran Ketahanan Pangan 20 persen, anggaran penanggulangan Covid-19 di angka 8 persen, jadi totalnya 68 persen, hal itu sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 104 tahun 2021,” jelas Yogi

“Jadi hanya 32 persen lagi yang bisa di alokasikan untuk program kegiatan Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa,” ujar Yogi.(adv/eji).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!