Rekrut Perangkat Baru, Pemdes Gunung Sakti Gelar Ujian Seleksi

BENGKULU SELATAN | Majahpost.com – Untuk mengisi kekosongan perangkat desa, Desa Gunung Sakti, Kecamatan Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan. Pemdes setempat mengelar ujian seleksi perekrutan perangkat baru, pada Selasa (02/04/2024) pagi.

Ujian tersebut merupakan rangkaian acara yang sebelumnya telah dilaksanakan penjaringan perangkat desa yang kosong. Yakni untuk Kaur Umum Pemdes Gunung Sakti.

Pada ujian seleksi perangkat desa, Desa Gunung Sakti kali ini, diikuti oleh 2 (dua) peserta yang merupakan warga desa setempat.

Dalam hal ini, Sahanudin, S.pd, Kepala Desa (Kades) Gunung Sakti, melalui kata sambutannya, menyampaikan bahwa penjaringan perangkat adalah tanggung jawab Pemerintah Desa.

“Penjaringan perangkat desa, yang hari ini digelar ujian seleksi, merupakan tugas pemdes untuk mengisi kekosongan itu,” terangnya.

Bertempat di gedung serta guna Desa Gunung Sakti, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Desa Gunung Sakti beserta perangkatnya, Camat Manna, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Dinas PMD, Inspektorat dan dua peserta seleksi perangkat desa.

Ditempat yang sama, Camat Manna, Arif Gunawan, S.pt, ia menyampaikan ujian seleksi perangkat baru ini merupakan rangkaian yang sudah sesuai aturan dan dikelola secara profesional.

Bahwa, lanjutnya, untuk menjadi perangkat desa saat ini tidak serta merta bisa diangkat atau ditunjuk. Tapi ada regulasi yang mengatur. Sebab tugas perangkat desa semakin keras dan dituntut untuk serba cepat.

“Karenanya, saya sangat berharap melalui ujian seleksi dalam penjaringan perangkat desa gunung sakti ini, bisa dilalui dengan lancar dan baik,” harapnya.

Sisi lain, sebagai tim penguji dari Kecamatan, menuturkan, ujian seleksi ini bukanlah akhir untuk menentukan siapa yang nantinya akan jadi perangkat di desa ini.

“Kami, tim penguji yang melibatkan Kecamatan Manna, hanya sebatas penguji. Nilai yang muncul dan peringkat hasil ujian bukan penentu bahwa nilai tertinggi sudah menjadi perangkat. Hasil ujian seleksi ini akan kami sampaikan kepada Kepala Desa yang akan ditentukan oleh Bupati melalui Camat sebagai wakil Pemerintahan di Kecamatan Manna ini,” terangnya di hadapan peserta.

Sementara itu, Mardani, selaku Ketua Panitia Pelaksana ujian seleksi perangkat desa Gunung Sakti menyampaikan terimakasih kepada para peserta yang telah mengikuti ujian dan para penguji yang turut hadir di penjaringan ini.

“Kami sampaikan terimakasih telah mengikuti ujian seleksi ini, dan mohon maaf jika ada hal-hal yang kurang berkenan. Bahwa siapapun nantinya yang menjadi perangkat desa, bagi yang tidak jadi perangkat janganlah berkecil hati karena kalian bisa mencobanya dikemudian hari. Sebab ini adalah proses bagi kalian,” tuturnya.

Sebagai gambaran ujian seleksi dalam penjaringan perangkat desa Gunung Sakti, terdapat 2 ujian yang diikuti oleh para peserta. Yakni ujian tertulis dan tes mengoprasikan computer.

Setelah hasil akhir tes berbagai tahapan ujian dilaksanakan dari 2 (dua) peserta tersebut, didapatlah nama yang lulus dalam ujian seleksi dengan memperoleh nilai tertinggi yaitu Refni Harnita.

Pelaksanaan ujian penjaringan kali ini, berjalan tertib, aman, lancar dan transparan sesuai dengan yang di harapkan. (Son)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!