Realisasikan Anggaran Ketahanan Pangan, Ini Program Yang Dilaksanakan Desa Padang Manis

Tengah : Kades Padang Manis Hartan bersama tim penyuluh dari Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan

Bengkulu Selatan | majalahpost.com – Program ketahanan pangan merupakan sala satu program prioritas dalam merealisasikan anggaran dana desa tahun 2022. Anggaran untuk kegiatan ketahanan pangan yang harus di alokasikan dalam APBDes sebesar 20 persen dari penerimaan dana desa tahun 2022.

Masyarakat yang mengikuti penyuluhan ketahanan pangan tahun 2022

Tujuan dari program tersebut adalah untuk mengatasi persoalan pangan di kalangan masyarakat terutama di masa pandemi covid-19.

Berdasarkan Peraturan Menteri Desa Nomor 7 tahun 2021, program ketahanan pangan yang dimaksud adalah program yang berbentuk kegiatan yang meliputi kegiatan perkebunan, pertanian, perikanan, peternakan hewani, termasuk juga kegiatan pelatihan-pelatihan tentang peningkatan pengetahuan masyarakat di bidang tersebut.

Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Padang Manis Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan, dari pantauan wartawan majalahpost.com, Pemerintah Desa setempat melaksanakan kegiatan sosialisasi ketahanan pangan yang mendatangkan Narasumbernya langsung dari Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan. Rabu (25/05/2022).

Kepala Desa Padang Manis Hartan menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk memberikan pengetahuan tentang kegiatan ketahanan pangan yang bisa dikerjakan oleh masyarakat tanpa modal besar tetapi biasa berimbas kepada peningkatan penghasilan perekonomian masyarakat.

Menurutnya, masyarakat desa Padang manis umumnya petani dan pekebun, oleh sebab itu dirinya berharap, program ini bisa di manfaatkan oleh masyarakat dan di implementasikan dalam kegiatan pertanian di desa, sebab kata Hartan, kegiatan ini merupakan peluang masyarakat dalam menambah wawasan ilmu di bidang pangan.(adv/eji)

Narasumber dari Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan sedang menyampaikan materi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!