Rapat Musyawarah Penetapan Rancangan RPJMDES Desa Tumbuk Tebing Bunga Mas BS Berjalan Lancar

Kepala Desa Tumbuk Tebing Kecamatan Bunga Mas Kabupaten Bengkulu Selatan Dovi Mei Rusmanna Syahri, S.Pd

Bengkulu Selatan | majalahpost.com – Dokumen Rencana Pembanguan Jangka Menengah Desa (RPJMDES) adalah dokumen yang wajib di buat oleh Kepala Desa pada saat tahun pertama menjabat, Dokumen tersebut berlaku untuk jangka waktu enam tahun ke depan atau selama masa jabatan Kepala Desa.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Tumbuk Tebing Kecamatan Bunga Mas Kabupaten Bengkulu Selatan Dovi Mei Rusmanna Syahri, S.Pd pada saat musyawarah penetapan rancangan dokumen RPJMDES. Selasa (16/11/2021).

TONTON VIDIO LENGKAPNYA DI SINI : https://youtube.com/watch?v=79JOjQj3JkA&feature=share

Dikatakan Dovi, proses penyusunan rancangan dokumen RPJMDES tersebut, Pemerintah Desa bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terlebih dahulu harus melaksanakan musyawarah, hal itu perlu di lakukan dengan tujuan untuk menjaring usulan atau aspirasi dari masyarakat. Oleh sebab itu musyawarah pada malam hari ini merupakan momentum bagi masyarakat untuk mengajukan usulan Pembangunan desa untuk jangka waktu enam tahun.

Dijelaskan Dovi, usulan tersebut tidak terfokus kepada pembangunan fisik saja, tetapi boleh juga di usulkan non fisik, seperti usulan kegiatan bidang pendidikan, kesehatan, kegitan karang taruna, kegiatan PKK, kegiatan adat, kegiatan kelompok tani, kegiatan nelayan dan kegiatan-kegiatan lainnya yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat desa tumbuk tebing secara keseluruhan.

“Ini momen bagi masyarakat dalam menyuarakan aspirasinya, silahkan sampaikan usulan kepada kami, nanti seluruh usulan dari masyarakat kita tetapkan bersama kemudian kita tuangkan ke dalam dokumen RPJMDES,” ujar Dovi.

Menurut penjelasan Dovi, seluruh usulan dari masyarakat nantinya akan dilakukan penyaringan berdasarkan sub bidang kegiatan yang tertuang di dalam dokumen RPJMDES. Sebab di dalam dokumen RPJMDES tersebut ada empat bidang kegiatan, pertama bidang kegiatan penyelenggara pemerintah desa, kegiatan pembangunan desa, kegiatan pembinaan kemasyarakatan desa dan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa.

“Setalah dilakukan penyaringan, selanjutnya kita lakukan penilaian, tujuannya untuk merumuskan mana usulan yang bisa di danai oleh APBDES dan mana usulan yang tidak bisa di danai oleh APBDES,” ujar Dovi.

Dijelaskan Dovi, untuk usulan masyarakat yang bisa didanai oleh APBDES selanjutnya akan di bawa ke musyawarah Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDES) untuk ditetapkan skala prioritas untuk tahun anggaran 2022. Sedangkan usulan yang tidak bisa di danai oleh APBDES akan di usulan melalui, APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN Pusat.

“Intinya usulan kegiatan yang bisa di danai oleh APBDES akan kita laksanakan sesuai dengan tahapan, proses pelaksanaannya akan di laksanakan dari tahun pertama sampai dengan tahun ke enam,” jelas Dovi.

Pada kesempatan itu juga Dovi menyampaikan, Pemerintah desa siap dan akan selalu siap untuk mendengarkan, Pemerintah tidak menutup diri, Pemerintah membuka diri untuk masyarakat.

“Silahkan sampaikan kepada kami baik usulan maupun kritikan, tetapi yang sifatnya untuk membangun desa, sampaikan kepada kami baik itu berbentuk surat maupun penyampaian secara lisan,” ujar Dovi.

Menurutnya, tanpa adanya usulan dan dukungan dari masyarakat apa yang di cita-citakan bersama untuk membangun desa dan mensejahterakan masyarakat desa tidak akan bisa terwujud.

Oleh sebab itu dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat desa tumbuk tebing untuk ikut terlibat secara bersama-sama dalam melaksanakan proses perencanaan pembangunan desa untuk enam tahun ke depan.

Dari pantauan wartawan majalahpost.com, kegiatan berjalan dengan aman dan lancar, kegiatan di mulai dari pukul 19:30 WIB selesai pukul 22 : 00 WIB, pada kesempatan itu hadir Kapolsek Manna IPTU Yevi Mulyadi, Pendamping Desa Rio, Bhabinkamtibmas Polsek Manna, Babinsa Koramil Kayu Kunyit dan seluruh tamu undangan.(adv/eji)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!