PT. SBS Akan Segera Serahkan Data Mitra Pemasok TBS Kepada Pemangku Kepentingan

Pino Raya Bengkulu Selatan | majalahpost.com – PT Sinar Bengkulu Selatan (SBS) sebagai pemegang Izin Usaha Perkebunan Bidang Pengolahan No. 503/459 Tentang Pemberian Izin Usaha Perkebunan Untuk Pengolahan (IUP- P) Kelapa Sawit, baru baru ini telah merampungkan pengumpulan data para mitra pemasok TBS di Pabrik Minyak Kelapa Sawit PT Sinar Bengkulu Selatan.

Selanjutnya Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit yang berlokasi di desa Selali Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) itu akan menyerahkan bukti-bukti kemitraan tersebut kepada para pemangku kepentingan terkait.

“Pengumpulan data-data para pemasok ini merupakan response Management PT Sinar Bengkulu untuk menjawab himbauan dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah yang tertuang dalam Surat Gubernur Bengkulu Nomor 520/1.062//DT PHP/2022 ter tanggal 23 Juni 2022, yang ditindaklanjuti dengan Surat Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan Nomor 524/225/520/VI/2022 tentang himbauan membangun kemitraan antara perusahaan dengan para petani,” kata Mangatas Alexander Gultom, yakni Manager Humas dan Legal PT BSL.

Disampaikan Mangatas Alexander, bahwa dasar kemitraan ini adalah Permentan nomor 98 Tahun 2013 Pasal 11, Permentan No. 01/Permentan/KB. 120/1/2018. Serta Peraturan Gubernur No. 64 Tahun 2018 dan Surat Keputusan Bupati dalam pemberian Izin Usaha Perkebunan Kelapa Sawit di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Lanjut dia, dengan ketebalan sekitar 300 an halaman, pihak management PT Sinar Bengkulu Selatan hendak menunjukkan komitmennya bahwa pabrik ini sangat serius dalam memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Untuk diketahui bahwa PT Sinar Bengkulu Selatan bergerak di bidang Pabrik Minyak Kelapa Sawit dengan kapasitas terpasang 60 ton per jam. Untuk menyokong suplai tandan buah segar sebagai raw material untuk diolah, pabrik ini disokong oleh empat Kelompok Tani yang terdiri dari Kelompok Tani Harapan Makmur, Kelompok Tani Sawit Makmur, Kelompok Tani Mekar Jaya, Kelompok Tani Sekundang Besawitan.

“Hubungan kemitraan dengan empat kelompok tani ini dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama yang disepakati oleh kedua belah pihak dan diketahui oleh Kepala Dinas Bengkulu Selatan,” ujarnya.

Semangat kemitraan ini didasarkan pada semangat kerja sama yang saling mendukung dan saling menguntungkan satu sama lain. Disamping itu, PT Sinar Bengkulu Selatan juga menerima tandan buah segar dari ram dan agen pengepul sesuai dengan standart panen tandan buah segar yang ditetapkan oleh Pemerintah.

PT Sinar Bengkulu Selatan sebagai perusahaan sebagai perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri memiliki Visi: menjadi perusahaan agribisnis yang bermutu, tangguh, dan berkelanjutan dalam hal produksi biaya dan lingkungan dan Misi: memberdayakan sumber daya manusia yang efektif , efisien dan dinamis dalam menghasilkan produk yang bermutu, menghasilkan produk yang bermutu sesuai persyaratan pelanggan, memenuhi persyaratan dan peraturan yang berlaku, meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, fasilitas, dan peralatan produksi secara berkesinambungan, melakukan pemeliharaan system manajemen mutu secara berkelanjutan.

Nilai Utama PT Sinar Bengkulu Selatan adalah integritas, jujur dan bertanggungjawab, kerjasama, saling menghormati sesama pekerja dan atasan terkait, perhatian terhadap apa yang menjadi tanggungjawab kerja, kesadaran dalam melakukan pekerjaan sesuai aturan perusahaan, kepedulian terhadap pekerjaan dan lingkungan, kiss (komunikasikan, informasikan, sinkronisasikan, sederhanakan), unggul, disiplin dan perbaikan terus menerus, pungkas Mangatas Alexander Gultom.(adv/jun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!