Berita  

PRAKTIK SISTEM INFORMASI PENDIDIKAN DAN PELAYANAN KESEHATAN MAHASISWA KEBIDANAN PROGRAM MAGISTER FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA DI KLINIK PRATAMA 24 JAM FIRDAUS

Mahasiswa Kebidanan Program Magister Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta melakukan Praktik mata kuliah Sistem Informasi Pendidikan dan Pelayanan Kesehatan mengenai Clinical Management System (CMS) di Klinik Pratama 24 Jam Firdaus Yogyakarta, dengan bobot 1 SKS pelaksanaan praktik di lapangan selama 6 hari atau setara dengan 48 jam. Yang dimulai pada tanggal 05 Juni – 10 Juni 2023. Praktik ini bertujuan agar Mahasiswa mampu mengevaluasi penggunaan sistem informasi pendidikan dan sistem informasi pelayanan kesehatan, menyusun usulan rancangan kebutuhan sistem informasi manajemen pada pendidikan dan pelayanan kesehatan.

Dalam praktiknya, mahasiwa melakukan evaluasi penggunaan sistem informasi pelayanan kesehatan, baik dari sudut pandang persepsi pengguna, organisasi, maupun dari segi teknologi sistem informasinya dengan observasi dan wawancara. Praktik diawali dengan persamaan apersepsi dan pengenalan sistem aplikasi CMS serta penukuran kinerja sistem CMS. Sistem informasi kesehatan CMS adalah suatu aplikasi taylor-made yang berisi tentang data- data informasi mengenai Klinik meliputi rekam medis paperless, sistem antrian, data obat (stok obat, harga dan jumlah penggunaan obat), data keuangan, pengambilan data yang bisa dilakukan dari data dasar seperti 10 besar penyakit, laporan jumlah kunjungan pasien harian, bulanan, dll dan data-data evaluasi seperti kelengkapan rekam medis. Aplikasi CMS mempermudah sumber daya manusia untuk mengelola data pasien, pelayanan kesehatan dan pelaporan. Aplikasi ini dikembangkan oleh Klinik Pratama 24 Jam Firdaus. Aplikasi CMS sudah berjalan dengan baik, meskipun masih terdapat beberapa kendala. Namun pihak pengembang terus melakukan inovasi dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.

Praktik mata kuliah Sistem Informasi Pendidikan dan Pelayanan Kesehatan bermanfaat bagi mahasiswa dalam mengevaluasi implementasi sistem informasi pelayanan kesehatan, memberikan rekomendasi terhadap peningkatan kualitas sistem informasi pelayanan kesehatan dan sebagai referensi tentang sistem informasi kesehatan khususnya CMS. Sedangkan Bagi pelayanan kesehatan dengan adanya rancangan usulan atau inovasi sebagai outcame dari praktik ini, diharapkan dapat dilakukan upaya perbaikan pada sistem informasi dan masukan perumusan kebijakan selanjutnya mengenai sistem informasi pelayanan kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!