Perkara Penganiayaan, Bhabinkamtibmas Polsek Kota Manna Gelar Pemecahan Masalah, Begini Kronologinya

Bengkulu Selatan | Majalahpost.com – Bhabinkamtibmas Polsek Kota Manna  Polres Bengkulu Selatan Polda Bengkulu, Bripka Ninoy Aduha. P melaksanakan Problem Solving pengaduan masyarakat tentang dugaan terjadinya peristiwa penganiayaan yang melibatkan warga binaannya di laksanakan di Anjungan Mufakat Polsek Kota Manna, Rabu (18/07/23).

Peristiwa tindak pidana penganiayaan ringan pada hari Sabtu tanggal 15 Juli 2023 sekira pukul 07.00 WIB anggota piket menerima informasi adanya Keributan/Penganiayaan di Jln. H.Yasin Kelurahan Padang Sialang Kecamatan Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan.

Terhadap korban W. LST (33) warga Surabaya Permai Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu yang dilakukan oleh Sdri.D. Wld, (28) warga Jl.Terminal Regional Kelurahan Pekan Sabtu Kota Bengkulu.

Kronologi peristiwanya, pada hari Sabtu (15/07/2023) sekira pukul 03.00 WIB korban mendatangi rumah kediaman pelaku untuk mempertanyakan perihal kesalahpahaman antara pelaku dan korban yang terjadi di Hotel Bunda Nin di Kelurahan Kampung Baru akan tetapi pelaku tidak terima sehingga terjadilah keributan yang yang mana pada saat terjadinya keributan tersebut pelaku mencakar lengan tangan sebelah kiri korban yang mengakibatkan luka goresan.

Akibat kejadian tersebut, korban langsung mendatangi Polsek Kota Manna untuk meminta perlindungan hukum dan selanjutnya Bhabinkamtibmas berupaya untuk melaksanakan problem solving. Peran personil yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas tidak bisa dipandang sebelah mata, mengingat kewajibannya harus selalu hadir ditengah masyarakat binaannya dan juga selalu membantu menyelesaikan/memecahkan permasalahan (Problem Solving) yang dialami oleh warga binaannya.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Kota Manna Bripka Ninoy Aduha .P telah berhasil menyelesaikan permasalahan warga binaannya melalui Problem Solving, Rabu (18/07/ 2023).

Bhabinkamtibmas Bripka Ninoy Aduha. P mempertemukan kedua belah pihak yang bermasalah didampingi oleh keluarganya masing-masing untuk dilakukan mediasi.

Mediasi tersebut membuahkan hasil yakni kedua belah pihak bersepakat untuk :

1. Kedua belah pihak telah sepakat untuk menyelesaikan permasalahan secara kekeluargaan 2. Kedua belah pihak sudah saling maaf memaafkan dan berjanji tidak mengulangi lagi 3. Korban tidak akan membawa kejadian tersebut kejalur hukum yang berlaku.

Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Florentus Situngkir, S.I.K melalui Kapolsek Kota Manna IPTU Sasi Raharto, SH mengatakan, “Sebagai ujung tombak di kewilayahan Bhabinkamtibmas harus berperan aktif di wilayah binaannya masing-masing dan saya selalu menekankan kepada para Bhabinkamtibmas agar lebih dekat dengan masyarakat dan apabila ada suatu permasalahan warga binaannya segera lakukan Problem Solving untuk menemukan solusi dan jalan tengahnya, ini merupakan salah satu tugas Bhabinkamtibmas,”ujar Kapolsek Kota Manna.

“Harapannya dengan adanya Problem Solving ini, permasalahan yang di alami oleh setiap warga masyarakat binaannya dapat di selesaikan dengan musyawarah sehingga tidak sampai ke ranah hukum,” tambah Sasi.

Mediasi telah terlaksana dengan tertib, aman, lancar dan terkendali, Kepolisian berharap kedua belah pihak dapat menepati isi kesepakatan tersebut. (Son)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!