Pemerintah Kecamatan Pino Raya Lakukan Monitoring dan Evaluasi DD serta ADD di Desa Padang Beriang

BENGKULU SELATAN | Majalahpost.com – Dalam rangka tertib Administrasi, Pemerintah Kecamatan Pino Raya melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran 2024 di Desa Padang Beriang Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan.

Kegiatan monitoring dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Desa pada aspek perencanaan dan pelaksanaan kegiatan desa, evaluasi serta pelaporan.

Selain itu, monitoring dan evaluasi Tim Kecamatan kali ini lebih disasarkan sebagai pendampingan dan pembinaan terhadap Pemerintah Desa, agar berjalan sesuai dengan tupoksi yang ada. Hal ini sangat dibutuhkan oleh Pemerintah Desa sebagai bahan evaluasi menuju perbaikan-perbaikan kinerja selanjutnya.

Camat Pino Raya, Sulaiman Efindi, SE.M.Si saat diwawancarai wartawan media Majalahpost.com di Kantor Desa Padang Beriang mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada Pemerintah Desa terhadap kelengkapan SPJ dan dokumen penting lainnya.

FOTO : Camat Pino Raya dan Kepala Desa Padang Beriang Yayan Supriandi, Amd saat kegiatan Monitoring dan Evaluasi DD serta ADD.

“Kami selalu mengingatkan kepada Pemerintah Desa Padang Beriang terkhusus di 21 Desa Kecamatan Pino Raya untuk selalu mengingatkan kembali kelengkapan SPJ dan dokumen penting kegiatan yang sudah dikerjakan,”kata Camat Pino Raya saat diwawancarai wartawan Majalahpost.com, Rabu (08/05/2024).

Disebutkan Sulaiman, tidak hanya perlengkapan SPJ dan dokumen lainnya, kami juga evaluasi kedisiplinan kinerja perangkat desa dengan cara monitoring ini, untuk menambah semangat kerja mereka dan selalu mengingat kembali kepada seluruh perangkat pada pekerja-pekerja terhadap pengelolaan dana desa ini agar berhati-hati,” tambahnya.

Pada kegiatan monev ini, yang menjadi bahan evaluasi adalah administrasi dan pelaksanaan kegiatan pembangunan fisik yang ada di desa. Materi monev terkait pengerjaan administrasi meliputi dokumen RPJM Desa, RKP Desa, SPJ, Dokumen BLT-DD, dan dokumen penting lainnya. Sedangkan terkait pembangunan fisik, telah dilaporkan melalui dokumen pendukung bahwa Dana Desa Tahap 1 selain digunakan untuk penyaluran BLT-DD, juga digunakan untuk Pembangunan.

“Secara keseluruhan administrasi desa dan pembangunan fisik serta non fisik Desa Padang Beriang sudah berjalan baik, seperti yang disampaikan oleh Tim Monitoring Kecamatan dan disarankan untuk melengkapi sedikit beberapa data pendukung yang belum lengkap secara administrasi dikarenakan sebagian masih ada pekerjaan yang belum selesai secara total,” ungkapnya ketika dalam menyampaikan hasil monev.

Kades Padang Beriang, Yayan Supriandi, Amd pun berharap, “Kepada seluruh aparatur desa agar bisa memahami penjelasan yang disampaikan Monitoring Kecamatan agar dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan ketentuan serta mampu mendorong pemberdayaan masyarakat dan percepatan pembangunan desa yang berada di Desa kita ini,” pungkasnya. (Son)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!