Pemdes Bandar Agung Laksanakan Murenbangdes, Ini Rekap Usulan Kegitan Tahun 2024

Bengkulu Selatan | Majalahpost.com – Pemerintah Desa Bandar Agung Kecamatan Ulu Manna Kabupaten Bengkulu Selatan melaksanakan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa Tahun Anggaran 2024. Kamis (12/01/2022).

Kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Desa Setempat dan di hadiri tamu undangan dari unsur tripika di antaranya Babinsa, Bhabinkamtibmas, Perwakilan Camat Ulu Manna, Perangkata Desa, BPD, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan seluruh tamu undangan yang hadir.

Kepala Desa Bandar Agung Deta Maryeni, S. Pd dalam sambutanya menyampaikan, musyawarah desa yang dilaksanaka saat ini adalah merupakan kegiatan rutin Pemerintah Desa yang pelaksanaannya setiap satu tahun satu kali, kegiatan ini juga bertujuan untuk menampung aspirasi masyarakat atau usulan masyarakat terkait dengan kegiatan pembangunan di tahun berikutnya.

“Saya berharap masyarakat dapat memanfaatkan momen ini untuk menyampaikan usulan-usulan kegiatan, baik kegiatan fisik maupun kegiatan non fisik,” ungkap Deta.

Menurut Deta, usulan pembangunan yang disampaikan oleh masyarakat nantinya akan di lakukan ferivikasi terlebih dahulu, hal ini untuk memastikan volume kegiatan dan jenis usulan kegiatan. Untuk kegiatan yang sekala kecil nantinya akan di prioritaskan untuk di usulkan pembiayaaanya melalui APBDES, sedangkan untuk jenis kegiatan yang sekala besar akan di usulkan melalui APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN Pusat.

“Untuk kegiatan yang sekala proritas dan sangat di butuhkan oleh masyarakat, kemudian anggaran terjangkau dengan Dana Desa, kita usulkan melalui APBDES Desa, tapi itupun kegiatan yang sekala prioritas,” ungkap Deta.

Deta juga menjelaskan, dari hasil musyawarah ada beberapa usulan yang sudah di sepakati di antaranya :
1. Pembangunan peningkatan Jembatan
2. Pembangunan Jalan Rabat Beton
3. Pembangunan peningkatan Jalan Sentra Produksi
4. Pembangunan Jalan Pertanian
5. Pembangunan SPL Telaga Biru
6. Pembangunan Jalan lingkaran Desa
7. Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah
8. Pembangunan Jalan ulu tebat
9. Pengadaan sarana dan prasarana pendidukan PAUD
10. Pengadaan obat-obatan kesehatan

“Dari sekian banyak usulan, ada dua usulan kegitan yang di jadikan sekala proritas, di antaranya, jembatan air manna dan jalan lingkungan desa, untuk pendanaannya akan di usulkan melalui, Apbd dan Apbn,” ujar Kades.(adv/jun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!