Musdes Penetapan RPJMDES, Tatang Ajak Masyarakat dan Lembaga Untuk Bersinergi Dalam Membangun Desa

Kepala Desa Jeranglah Tinggi Tatang Sumitra Arduna, SH

Bengkulu Selatan | majalahpost.com – Hari ini merupakan momentum bagi masyarakat Desa Jeranglah Tinggi Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan untuk menyampaikan aspirasi atau usulan kegiatan perencanaan pembangunan desa untuk jangka waktu enam tahun ke depan.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Jeranglah Tinggi Tatang Sumitra Arduna, SH pada saat kegiatan musyawarah penetapan dan sosialisasi dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDES). Rabu (17/11/2021).

TONTON VIDIO LENGKAPNYA DISINI : https://youtube.com/watch?v=ofzNbSTZ950&feature=share

“Untuk mewujudkan visi dan misi kepala desa, sala satu prosesnya adalah dengan membuat dokumen RPJMDES,” ungkap Tatang Sumitra Arduna, SH.

“Dokumen ini memuat tetang rencana pembangunan jangka menengah desa selama enam tahun, baik itu pembangunan fisik maupun pembangunan non fisik yang sumbernya dari usulan masyarakat,” ujar Tatang Sumitra Arduna, SH.

Pada kesempatan itu juga dirinya mengharapakan kepada seluruh masyarakat desa jeranglah tinggi untuk memanfaatkan momen ini untuk menyampaikan usulan atau aspirasi dan gagasan untuk membangun desa ke depan yang lebih baik. Sebab menurutnya, kemajuan pembangunan desa butuh partisipasi, dan gagasan dari masyarakat, sebab tanpa adanya partisipasi dan gagasan dari masyarakat jangan harap kemajuan desa bisa terlaksana dengan baik.

“Pemerintah Desa akan tetap mengedepan transparan kepada masyarakat dan akan selalu menerima gagasan dari masyarakat, hal itu demi kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat desa jeranglah tinggi,” pungkas Tatang Sumitra Arduna, SH.

Terkait dengan realisasi kegiatan yang di usulan oleh masyarakat Tatang menjelaskan, seluruh usulan atau aspirasi dari masyarakat nantinya akan di muat di dalam dokumen RPJMDES, kemudian realisasinya akan dilaksanakan secara bertahap dari tahun pertama sampai dengan tahun ke enam yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan masyarakat atau skala prioritas.

“Untuk usulan kegiatan yang bisa di danai oleh APBDES kita masukan ke dalam dokumen Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDES) tahun anggaran 2022, sedangkan untuk usulan kegiatan yang tidak bisa di danai oleh APBDES nantinya akan kita usulkan ke APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN Pusat,” ujarnya.

Dirinya juga mengajak kepada seluruh lembaga baik yang ada di dalam desa maupun yang di luar desa untuk bersinergi demi terciptanya suasana yang kondusif dan demi tercapainya pembangunan desa yang lebih baik dan lebih maju.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Deda Jeranglah Tinggi Gustian Herianto

Ditempat yang sama Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Jeranglah Tinggi Gustian Herianto menyampaikan, untuk kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat desa jeranglah tinggi BPD akan terus mendukung apa yang menjadi program Pemerintah Desa, tetapi sebaliknya apabila program yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa bertentangan dengan masyarakat, BPD akan berada di garda terdepan untuk melakukan pencegahan dan pengawasan.

Dari pantauan wartawan majalahpost.com, kegiatan berjalan dengan aman dan lancar, kegiatan di mulai dari jam 09:00 WIB sampai dengan 12: 00 WIB, acara dipimpin oleh Ketua BPD Gustian Herianto, dan acara tersebut turut di hadiri juga oleh Kanit Bimas Polsek Manna AIPTU Amrizal, Babinsa Koramil Kayu Kunyit, perwakilan Camat Manna, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa dan seluruh tamu undangan tang hadir.(Adv/eji).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!