Desa  

Melalui Musdes, BPD dan Pemdes Desa Pajar Bulan Tetapkan 20 KPM BLT DD T.A 2023

Bengkulu Selatan | majalahpost.com – Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) merupakan bantuan sosisial dari Pemerintah Desa melalui Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDES). Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) bertujuan untuk mendukung percepatan penghapusan kemiskinan exstrim.

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Pajar Bulan Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan Dausriwan pada saat musyawarah penetapan KPM BLT DD. Senin (06/02/20230.

Dikatakan Daus, masyarakat atau warga yang di tetapkan sebagai penerima bantuan BLT DD harus memenuhi kriteria, hal itu di atur dalam Peraturan Bupati Bengkulu Selatan Nomor 57 tahun 2022, Peraturan Mentri Desa Nomor 8 tahun 2022, dan Peraturan Mentri Keuangan Nomor 201 tahun 2022.

Masyarakat desa pajar bulan selaku peserta musyawarah

“Untuk kriterianya, Pertama Keluarga yang berdomisili di Desa bersangkutan, Kedua Keluarga rentan sakit/sakit menahun, Ketiga Keluarga tunggal lanjut usia, dan Ke empat Keluarga yang terdapat keluarga difabel,” ujar Daus.

Selain harus memenuhi kriteria kata Daus, besaran dana BLT DD tahun 2023 paling sedikit 10 persen dan paling banyak 25 persen dari anggaran Dana Desa tahun 2023. Oleh sebab itu dirinya berharap, masyarakat yang di tetapkan sebagai penerima BLT DD nantinya benar-benar masyarakat atau warga yang memang layak unuk menerima bantuan tersebut.

“Pada kesempatan ini saya berpesan kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) selaku Pemimpin musyawarh, dalam mengambil keputusan harus berpedoman kepada aturan, jangan sampaik keluar dari aturan yang di tetapkan oleh Pemerintah, jangan sampai terjadi permasalahan hukum di kemudian hari” ungkapnya.

Ditempat yang sama, seusai memimpin rapat Ketua BPD Desa Pajar Bulan Sukantri menyampaikan, sebanyak 20 orang warga yang Berdomisil di Desa Pajar Bulan sudah ditetapkan dan disepakati sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT Dan Desa tahun anggaran 2023. Jumlah tersebut sudah berdasarkan hasil identifikasi dan verifikasi yang dilakukan di rapat musyawarah.

Menurutnya, BLT DD tahun 2023 bukan lagi bantuan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 melainkan  bantuan sosial untuk mendukung percepatan penghapusan kemiskinan exstrim.

“Alhamdulliah semuanya lancar, ada 20 KPM yang sudah disepakti bersama, semuanya memenuhi kriteria,” ujar Sukantri.

Dirinya berharap, masyarakat atau warga Desa Pajar Bulan bisa memahai aturan dan menerima hasil keputasan ini, sebab jumlah penetapan penerima BLT tahun 2023 sangat di batasi oleh aturan dari Pemerintah.

Dari pantauan wartawan majalahpost.com, keputusan hasil musyawarah turut disaksikan oleh Sekretaris Kecamatan Seginim, Pendamping Desa, Bhabinkamtibmas Polsek Seginim, Babinsa Koramil Kayu Kunyit, Tokoh Masyarakat dan seluruh peserta undangan musyawarah yang hadir.(jun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!