Kurangnya Kesadaran Masyarakat, Kepala DLHK Sangat Mendukung Berdirinya Bank Sampah di Desa-desa Bengkulu Selatan

Kepala Dinas DLHK BS, Haroni SP.MM dukung Pemerintah Desa mendirikan bank sampah.

BENGKULU SELATAN | Majalahpost.com – Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Selatan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Bengkulu Selatan mendukung berdirinya bank sampah di Bengkulu Selatan.

Apalagi untuk saat ini hasil inventarisasi oleh Bappeda Litbang BS, ada sekitar 30 titik lokasi kelurahan dan desa yang telah siap dengan fasilitas prasarana untuk pengelolaan pembentukan bank sampah.

Dukungan dari Pemerintah Desa (Pemdes) sangat diharapkan guna terbentuknya bank sampah di masing-masing desa maupun kelurahan. Karena desa ataupun kelurahan bisa menganggarkan untuk fasilitas prasarana pendukung seperti sepeda motor pengangkut sampah, tong sampah dan fasilitas lainnya,” ungkap Kepala DLHK BS, Haroni SP.MM.

Dikatakan Haroni, keberadaan bank sampah nantinya bisa menjadi fasilitator warga memilah dan memilih, selanjutnya mendaur ulang serta memanfaatkan sampah yang ada disekeliling mereka. Setelah terkumpul, sampah bernilai ekonomis.

“Pengelolaan bank sampah bisa secara swadaya, terutama di desa dengan memanfaatkan dana desa atau dan kelurahan yang ada,” kata Haroni.

Ia menambahkan sampah di Bengkulu Selatan masih menjadi momok karena sampah masih terdapat berserakan di berbagai sudut kota. Ini membuktikan masyarakat masih belum peduli sampah. Padahal sampah dibuang sembarangan dapat merusak lingkungan, menimbulkan bauh tidak sedap. Bisa-bisa mengundang penyakit.

“Untuk atasan permasalahan sampah butuh peran serta kita semua. Mari sama-sama kita patuhi buang sampah pada tempatnya yang sudah ditetapkan. Sebab, sampah yang dibuang tidak sesuai waktu dan tempat yang ditentukan akan berdampak terhadap durasi angkut. Maka dari itu, tidak bosan-bosannya kami DLHK mengajak masyarakat mematuhi jam buang yang sudah ditetapkan sehingga persoalan sampah bisa diatasi secara bersama-sama,” pungkas Haroni. (MP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!