KPU Provinsi Bengkulu Ngobrol Bereng Media

Bengkulu, Majalahpost.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu menggelar acara Coffee Morning yang bertajuk “Ngobrol Bareng KPU Provinsi Bengkulu” dengan insan pers setempat. Acara ini bertujuan untuk mengupas peran Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa, menjadi wadah diskusi yang menginspirasi, serta mendorong kesadaran akan pentingnya proses demokrasi dalam menyatukan perbedaan dalam masyarakat.

Bertempat di Bale Kute Resto, acara yang dihadiri oleh sejumlah wartawan dan stakeholder penting ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat Bengkulu. Dengan tema yang relevan, “Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa”, menjadi magnet bagi para pemangku kepentingan untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi ini.

Ketua KPU Provinsi Bengkulu Rusman Sudarsono yang langsung diwakili Pelaksanaan Harian KPU Provinsi Bengkulu, Sarjan Efendi, membuka secara resmi dalam acara ini. Dan Beliau memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana proses pemilihan umum tidak hanya sebagai sebuah rutinitas dalam sebuah negara demokratis, tetapi juga sebagai fondasi penting dalam mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Peran Pemilu tidak hanya sekedar memilih pemimpin, tetapi lebih jauh dari itu, merupakan fondasi yang memungkinkan setiap suara terdengar, setiap perbedaan diakomodasi, serta menyatukan beragam kepentingan masyarakat dalam satu arah yang sama, yakni kemajuan bangsa,” ujar Sarjan Efendi ,dengan penuh keyakinan.

Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Emex Verzoni, sebagai narasumber menyampaikan, penyelenggara pemilu, memastikan kelancaran distribusi surat suara dengan menyampaikan bahwa setiap surat suara yang sampai di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) diterima dengan utuh dan tanpa cacat. Hal ini diumumkan dalam acara Coffee Morning bersama awak media yang bertemakan pemilu, sebagai sarana integrasi bangsa.

bv

Emex Verzoni juga menegaskan bahwa Bengkulu telah sukses melaksanakan pemilu sejak reformasi tahun 1999. Dalam konferensi persnya, ia mengungkapkan bahwa pemilu 2019 berjalan aman berkat dukungan dari seluruh stakeholder, termasuk media.

“Partisipasi mencapai 86 persen berkat dukungan semua pihak, termasuk media. Kami berharap pengalaman pemilu sejak reformasi tetap menjaga persatuan, kesatuan, integritas, dan terintegrasi,” ujar Emex Verzoni.

“Dalam Pilkada 2020, Bengkulu mencapai posisi nomor 2 tertinggi nasional, dan kami berharap partisipasi terus meningkat dengan dukungan khususnya dari rekan-rekan media melalui pemberitaan dan media lainnya,” tambahnya.

Diskusi yang berlangsung interaktif ini mencakup sejumlah isu krusial dalam konteks integrasi bangsa, termasuk pentingnya peran media massa dalam mendukung proses demokrasi yang berintegritas, serta upaya pemerintah dan lembaga terkait untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam setiap proses Pemilu.

Para peserta, terutama insan pers, turut aktif dalam bertanya dan memberikan masukan terkait peran mereka dalam memberikan informasi yang akurat, bertanggung jawab, dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dalam menyuarakan kepentingan masyarakat.

Saat ditemui usai acara, salah seorang wartawan dan Juga ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) PW Bengkulu Musdamori menyampaikan, apresiasi atas kegiatan yang digelar KPU Provinsi Bengkulu. Acara ini sangat bermanfaat karena memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai peran Pemilu dalam mempersatukan masyarakat. Sangat inspiratif!”

Diharapkan, melalui acara semacam ini, kesadaran akan pentingnya peran Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa semakin tersosialisasi secara luas di tengah-tengah masyarakat Bengkulu. KPU Provinsi Bengkulu juga berkomitmen untuk terus menggelar kegiatan serupa guna meningkatkan pemahaman masyarakat akan esensi demokrasi dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.(franky/Herpin/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!