Inspektorat Kaur Siap Melaksanakan Pengauditan Desa-Desa Sebelum Pemilu 2024

KAUR, MAJALAHPOST.COM– Inspektorat Kabupaten Kaur provinsi Bengkulu akan melakukan audit tahunan terhadap Desa-Desa di wilayahnya sebelum pemilu 2024. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan Desa, serta mencegah potensi penyelewengan dan korupsi. Audit ini juga merupakan bagian dari program pengawasan tahunan (PKPT) yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Kepala Inspektorat Kabupaten Kaur, Harika, SE, menyampaikan bahwa audit ini akan dilakukan secara selektif berdasarkan resiko-resiko yang terbesar pada Desa masing-masing. “Kita akan melakukan audit ke Desa-Desa tapi kemungkinan tidak seluruh Desa. Kita melihat resiko-resiko yang terbesar pada Desa masing-masing segala macam nanti,” ungkapnya.

Lanjut, Harika menambahkan bahwa rencananya audit ini akan dimulai pada minggu ketiga bulan ini dan selesai sebelum satu minggu sebelum pelaksanaan pemilu 2024. Ia berharap audit ini dapat berjalan lancar dan tidak mengganggu proses pemilu yang akan digelar pada 14 Februari 2024. “Untuk pengauditan, rencananya pada minggu ketiga bulan ini. sampai sebelum satu minggu sebelum pelaksanaan pemilu itu sudah kita selesaikan untuk pemeriksaan di lapangan,” ucap Harika

Audit desa merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memastikan bahwa dana Desa yang dialokasikan setiap tahun dapat digunakan secara efektif dan efisien untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Desa. Dana Desa merupakan program prioritas pemerintah yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan, mengatasi kesenjangan, dan meningkatkan pelayanan publik di Desa

Inspektorat Kabupaten Kaur merupakan unsur pengawas pemerintahan daerah yang dipimpin oleh inspektur.

Inspektorat Kabupaten Kaur memiliki tugas dan fungsi untuk melakukan pengawasan, pemeriksaan, evaluasi, dan penilaian terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah, termasuk pengelolaan keuangan dan aset daerah. Inspektorat Kabupaten Kaur juga bertanggung jawab untuk memberikan rekomendasi perbaikan dan tindak lanjut atas hasil pengawasan nantinya. dan semoga pelaksanaan kegitan pengauditan yang di lakukan oleh pihak Inspektorat Kabupaten Kaur nanti bisa berjalan dengan lancar dan sukses.(franky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!