Daerah  

Hasil Musdes, Penerima BLT Jeranglah Tinggi Ditetapkan 75 KPM, Ini Harapan Kades

Tatang Sumitra Arduna, SH Kepala Desa Jeranglah Tinggi Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan pada saat menghadiri musyawarah penetapan calon penerima BLT DD

Bengkulu Selatan | majalahpost.com – Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) merupakan sala satu program Bantuan dari Pemerintah Pusat yang di kelola oleh Pemerintah Desa melalui Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDES).

Peserta musyawarah penetapan calon penerima BLT DD

Bantuan tersebut di peruntukan untuk masyarakat miskin yang belum pernah tersentuh bantuan lainnya dari Pemerintah.Tujuan diturunkannya bantuan tersebut adalah dalam rangka untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi Vovid-19.

Hal itu disampaikan Tatang Sumitra Arduna, SH selaku Kepala Desa Jeranglah Tinggi Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan pada saat menghadiri musyawarah penetapan calon penerima BLT DD. Rabu (09/02/2022).

Dikatakan Tatang, tahun 2022 Pemerintah Pusat mengintruksikan Pemerintah Desa melalui Instruksi Presiden Nomor 104 untuk menyalurkan BLT DD kepada masyarakat paling sedikit atau minimal 40 persen dari total penerimaan Dana Desa tahun 2022.

“Untuk BLT DD tahun ini minimal 40 persen dari pagu anggaran, kurang dari itu gak boleh, bahkan kalau anggarannya cukup lebih dari 40 persen di perbolehkan,” ujar Tatang.

“Kemudian untuk Desa kita, di lihat dari nominal yang ada, kuotanya hanya untuk 75 KK, sebab anggarannya hanya 270 juta rupiah,” jelas Tatang.

Terkait penetapan calon penerima BLT DD, Tatang menyerahkan sepenuhnya kepada peserta musyawarah.

“Penetapan calon penerimanya saya serahkan kepada peserta musyawarah, tetapi nanti setelah di putuskan, jangan lagi ada prasangka yang kurang baik, sebab kita ini sifatnya terbuka atau transparan, dan tidak ada yang di tutup-tutupi, kita terbuka,” ujar Tatang.

Dirinya mengharapkan, calon penerima BLT DD benar-benar masyarakat yang memang layak untuk menerimanya, dan yang belum pernah tersentuh bantuan dari Pemerintah.(adv/eji)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!