Hasil Musdes, Pemdes dan BPD Gunung Sakti Kecamatan Manna Sahkan Calon Penerima BLT DD

Bengkulu Selatan | majalahpost.com – Bantuan Langsung Tunai Dana Desa merupakan bantuan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa, yang mana bantuan tersebut wajib di berikan kepada masyarakat desa yang sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Gunung Sakti Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan Sahanudin pada saat musyawarah pinalisasi penetapan calon penerima bantuan langsung tunai dana desa tahun anggaran 2023. Senin (20/02/2023).

Dijelaskan Kades, masyarakat calon penerima manfaat BLT DD harus memenuhi kriteria yang ditetpkan dalam Peraturan Mentri Keuangan (PMK) Repbulik Indonesia Nomor 201 tahun 2022, kriteria yang disebutkan dalam peraturan tersebut diantaranya keluarga miskin extrim, keluarga sakit menahun, keluarga lanjut usia, dan keluarga difabel.

“Jadi calon penerima BLT tahun 2023 wajib memenuhi kriteria yang ditetapkan dalam PMK No 201 tahun 2022,” ujar Kades.

Menurutnya, bantuan BLT DD tahun 2023 bukan bantuan untuk masyarakat yang terdampak wabah covid-19, melainkan bantuan khusus untuk masyarakat miskin, dan ini sangat berbeda dengan bantuan BLT DD tahun sebelumnya.

“Tahun ini BLT DD itu untuk masyarakat yang benar-benar miskin, bukan untuk masyarakat yang terkena covid-19,” jelas Kades.

“Besaran anggaran BLT DD tahun 2023 sebesar 10 persen dari Dana Desa, berdasarkan perhitungan jumlahnya mencapai lebih kurang 72 juta rupiah, dana 72 juta rupiah itu kalau di kalkulasi 300 ribu rupiah perbulan untuk satu KPM maka hanya mampu untuk 20 KPM ,” ujar Kades.

Musyawrah penetapan peneeima BLT DD dipimpin langsung oleh Ketua BPD Gunung Sakti Refian Martoni dan di hadiri oleh anggota BPD, Perangkat Desa, dan Pendamping Lokal Desa.(jun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!