Hasil Musdes, Kades Manggul : BLT DD T.A 2023 Untuk Masyarakt Miskin dan Harus Penuhi 4 Kriteria

Bengkulu Selatan | majalahpost.com – Bantuan Langsung Tunai Dana Desa merupakan bantuan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanaja Desa, yang mana bantuan tersebut wajib di berikan kepada masyarakat desa yang sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Manggul Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan Zukwan Fazri pada saat musyawarah pinalisasi penetapan calon penerima bantuan langsung tunai dana desa tahun anggaran 2023. Senin (12/02/2023.

Dijelaskan Kades Zukwan Fazri, masyarakat calon penerima manfaat BLT DD harus memenuhi kriteria yang ditetpkan dalam Peraturan Mentri Keuangan (PMK) Repbulik Indonesia Nomor 201 tahun 2022, kriteria yang disebutkan dalam peraturan tersebut diantaranya keluarga miskin extrim, keluarga sakit menahun, keluarga lanjut usia, dan keluarga difabe.

“Jadi calon penerima BLT tahun 2023 wajib memenuhi kriteria yang ditetapkan dalam PMK No 201 tahun 2022,” ujar Kades.

Menurutnya, bantuan BLT DD tahun 2023 bukan bantuan untuk masyarakat yang terdampak wabah covid-19, melainkan bantuan khusus untuk masyarakat miskin, dan ini sangat berbeda dengan bantuan BLT DD tahun sebelumnya.

“Tahun ini BLT DD itu untuk masyarakat yang benar-benar miskin, bukan untuk masyarakat yang terkena covid-19,” jelas Kades.

“Besaran anggaran BLT DD tahun 2023 sebesar 10 persen dari Dana Desa, berdasarkan perhitungan jumlahnya mencapai lebih kurang 58 juta rupiah, dana 58 juta rupiah itu kalau di kalkulasi 300 ribu rupiah perbulan untuk satu KPM maka hanya mampu untuk 17 KPM ,” ujar Kades.

Ditempat yang Sama, Kapolsek Manna yang di wakili oleh Kanit Bimas Polsek Manna AIPTU Amrizal menyaranka agar dalam melakuka keputusan terkait calon penerima BLT harus berdasarkan kajian hukum yang berlaku, jangan samapai keputusan yang di ambil nantinya menyalahi hukum, dan akibatnya akan terjadi permasalahan di kemudian hari.

Dari hasil pantauawan wartawan majalahpost.com di lokasi, musyawarah valaidasi dan penetapan calon penerima BLT DD tahun 2023 disepakati bersama sesuai dengan kuota yaitu sebanyak 17 KPM, hasil dan nama-nama penerima BLT DD tetsebut berdasarkan pertimbangan dan masukan serta usulan dari masyarakat, Pemerintah Desa, BPD, Pendamping Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa desa mamggul yang hadir dalam acara tersebut.(jun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!