BPD Desa Pajar Bulan Seginim Gelar Musdes Perencanaan Pembangunan T.A 2023, Kades Sampaikan Apresiasi

Dausriwan Kepala Desa Pajar Bulan Kecamatan Seginim Saat menyampaikan sambutan dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Tahun Anggaran 2023

Bengkulu Selatan | majalahpost.com – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa merupakan kegiatan rutin yang harus di laksanakan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setiap satu tahun sekali, yang mana hasil dari kegiatan tersebut akan di jadikan dasar oleh Pemerintah Desa dalam menyusun rencana kegiatan Pemerintah Desa tahun anggaran 2023.

Sukantri Ketua BPD Desa Pajar Bulan saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Tahun Anggaran 2023

Hal itu disampaikan Sukantri Ketua BPD Desa Pajar Bulan Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan pada saat menggelar kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan desa tahun anggaran 2023. Selasa (24/05/2022).

Pada kesempatan itu, Sukantri menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat desa pajar bulan atas dukungan dan partisipasinya dalam menyukseskan kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan desa tahun anggaran 2023.

“Saya mewakili dari BPD selaku Wakil masyarakat di Pemerintah Desa mengucapkan terimakasih atas dukungan dan partisipasinya dalam menyukseskan acara ini,” ujar Sukantri dalam sambutanya.

Dirinya berharap kepada masyarakat yang menghadiri kegiatan tersebut untuk menyampaikan aspirasinya atau menyampaikan usulan kegiatan, sebab setiap kegiatan yang akan direncanakan tahun 2023 berdasarkan usulan dari masyarakat.

“Silahkan sampaikan usulan, kita terbuka, dengan catatan untuk keperluan masyarakat banyak, bukan untuk keperluan pribadi,” tegas Sukantri.

Ditempat yang sama Kepala Desa Pajar Bulan Dausriwan mengatakan, dirinya mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan oleh BPD atas terselenggaranya kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan desa, sebab menurutnya, ini akan mempercepat kerja Pemerintah Desa dalam melakukan perencanaan penyusunan kegiatan di tahun 2023.

Dirinya juga memanfaatkan momen tersebut untuk menyampaikan permohonan maafnya kepada masyarakat desa pajar bulan yang sudah menyampaikan usulan tahun sebelumnya tetapi belum bisa direalisasikan, hal itu kata Kades akibat dari pandemi covid-19 yang belum kunjung usai.

Dijelaskan Daus, selama musim pandemi Pemerintah Pusat, maupun Pemerintah Daerah mengharuskan Pemerintah Desa untuk mefokuskan anggaran untuk penanggulangan dan pencegahan pandemi covid-19.

“Selama Pandemi tidak ada pembangunan fisik, anggaran dana desa 68 persen direalisasikan untuk penangan pandemi covid-19, rinciannya 40 persen BLT, 20 persen ketahanan pangan dan 8 persen untuk prokes, sisanya 32 persen di pergunakan untuk belanja rutin dan non rutin bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Bidang Pembangunan Desa, ” jelas Daus.

Meskipun begitu, Daus minta masyarakat untuk tetap menyampaikan usulan, dan untuk usulan tahun sebelumnya akan di masukan kedalam daftar usulan untuk kegiatan tahun 2023.

Dari pantauan wartawan majalahpost.com, acara berjalan dengan lancar, acara tersebut turut di hadiri oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, Perwakilan Kecamatan Seginim, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa dan masyarakat Desa Pajar Bulan.(adv/eji)

Daftar usulan untuk perencanaan kegiatan tahun 2023

– Pembangunan Gedung Karang Taruna
– Pembangunan Jalan Gang Menuju Mesjid
– Pengadaan Alat Pengeras Suara TPQ
– Penyediaan Air Bersih
– Pengangkatan Guru Ngaji
– Penaggulangan Kenakalan Anak Remaja
– Penyediaan Pupuk Untuk Petani
– Peningkatan Gaji Guru TPQ
– Pembangunan Jalan Sentra Produksi
– Pengadaan Tong Sampah
– Penyertaan Modal Untuk Penampung Gabah Petani
– Pembuatan Usaha Penggemukan Sapi
– Pembangunan Gedung PAUD
– Pengadaan Tiang Listrik
– Pembangunan Fasilitas Untuk Masyarakat Berkebutuhan Khusus
– Pengadaan Sapras Anggota Rabana
– Penyediaan Transpot supir pengangkut Majlis Ta’lim.

Masyarakat Peserta musyawarah rencana pembangunan desa tahun anggaran 2023
Ketua bpd di dampingi oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas saat memimpin kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan desa tahun anggaran 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!