Daerah  

Berangkatkan ODGJ, Boni Kades Pagar Banyu KDI BS Harap Mereka Bisa Segera Disembuhkan

Pemerintah Desa Pagar Banyu Kecamatan Kedurang bersam tim dari Dinas Sosial Kabupaten Bengkulu Selatan sedang berada di lokasi ODGJ (majalahpos.com/Epan Junali)

Bengkulu Selatan | majalahpost.com – Bentuk kepedulian sesama manusi diperlihatkan Kepala Desa (Kades) Pagar Banyu Kecamatan Kedurang Ilir (KDI) Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu.

Boniker Syarial namanya, Kades yang baru dilantik satu bulan yang lalau itu telah memberangkatkan tiga Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ), dua orang warga Desa Pagar Banyu dan satu orang warga Desa Sukaramai Kecamatan KDI ke RSJKO Provinsi Bengkulu. Senin (25/10/2021)

Saat ditemui wartawan majalahpost.com di ruang kerjanya, Boniker Syarial menjelaskan, pengobatan ODGJ ke RSJKO Provinsi Bengkulu merupakan kerjasama pihak Pemerintah Desa Pagar Banyu dengan Dinas Sosial Kabupaten Bengkulu Selatan, dan juga bentuk kepedulian Pemerintah Desa Pagar Banyu dalam membantu warganya untuk penyembuhan ODGJ secara medis.

“Ini bentuk kepedulian Pemerintah Desa terhadap warga, biar bisa disembuhkan, ODGJ ini kami antar ke RSJKO, kalau di sana mereka ini bisa di rawat secara medis, harapannya mereka di sana bisa disembuhkan dan bisa normal kembali, dan bisa berkumpul lagi bersama keluarganya,” ujar Kades.

Kades yang sering di sapa Boni ini menjelaskan, proses pemberangkatan ODGJ ini dijemput langsung oleh tim dari Dinas Sosial Kabupaten Bengkulu Selatan di dampingi Ibu Bupati Bengkulu Selatan yang sekaligus Ketua PKK Kabupaten Bengkulu Selatan.

“Yang jemput Kadis Sosial Pak Dedi Ruslan, ada Ibu Bupati Bengkulu Selatan Nurmala Gusnan selaku Ketua PKK,” ungkap Boni.

Menurut penuturan Boni, pada saat proses penjemputan sempat mengalami kendala, pasien sempat melarikan diri setelah dilakukan penanganan secara medis atau di berikan obat bius, beruntung tak berselang lama pasian bisa di temukan kembali di pondok sawah sedang tidur dan langsung di amankan petugas untuk di bawa ke RSJKO Provinsi Bengkulu.

“Setelah di kasih obat bius pasien kabur, kami dan petugas di bantu warga sekitar melakukan pencarian, tak berselang lama pasien di temukan sedang tertidur di pondok sawah milik warga,” jelas Boni.

Dirinya juga menyampaikan Terimakasih Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan yang telah membantu warganya dalam melakukan proses pengobatan secara medis di RSJKO.

“Harapannya semoga mereka cepat sembuh dan normal seperti dulu dan bisa segera kembali untuk berkumpul bersama keluarga,” ujar Boni.

Ditempat yang sama, Ketua BPD Desa Pagar Banyu Suhanto mengapresiasi langkah Pemerintah Desa yang telah bekerjasama dengan Dinas terkait dalam upaya penanganan penyembuhan secara medis ODGJ warga Desa Pagar Banyu.

Menurutnya, kepedulian Pemerintah Desa terhadap warga itu merupakan tugas pokok Pemerintah Desa di dalam menjalankan Pembinaan kepada setiap warga desa pagar banyu.

“Tugas Pemerintah Desa bukan hanya pelayan administrasi warga saja, tetapi seluruh keluh kesah masyarakat, harus diterima dan di bantu, bukan hanya Pemerintah Desa, kami juga BPD wajib hadir di tengah-tengah masyarakat ketika masyarakat sedang membutuhkan kehadiran kita, oleh sebab itu pada kesempatan ini kami BPD hadir untuk membantu,” jelas Suhanto.(eji).

Sumber YT : https://youtu.be/kqABHQM6QV4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!