Bentuk Peduli Terhadap Lansia, Pemdes Tanjung Besar Gelar Kegiatan Posbindu Setiap Bulannya

BENGKULU SELATAN | Majalahpost.com – Pemerintah Desa Tanjung Besar, Kecamatan Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, menggelar Posbindu setiap bulannya rutin dilakukan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Kegiatan Pos Binaan Terpadu (POSBINDU). Acara tersebut dihadiri oleh tim medis dari Puskesmas Kecamatan Manna, Bidan Desa, Kader Kesehatan, serta peserta yang antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Desa Tanjung Besar, dengan melibatkan warga lanjut usia. Mereka menjalani berbagai pemeriksaan kesehatan yang meliputi tensi, gula darah, kolesterol, asam urat, dan pemeriksaan lainnya yang relevan dengan Penyakit Tidak Menular (PTM).

Posbindu ini melibatkan tim medis dari Puskesmas Kecamatan Manna, Bidan Desa, dan Kader Kesehatan sebagai narasumber dan fasilitator dalam memberikan edukasi kesehatan kepada peserta.

Mereka memberikan informasi tentang pentingnya mencegah dan mengendalikan PTM melalui pola hidup sehat, termasuk pola makan seimbang, aktivitas fisik teratur, serta menjaga berat badan yang sehat.

Menurut Kepala Desa Tanjung Besar, Warman, pemeriksaan kesehatan Lansia ini adalah merupakan program dari Dinas Kesehatan melalui Puskesmas dalam rangka menjaga kesehatan dan memberikan layanan kepada para lansia guna meningkatkan kualitas hidup lansia yang rentan terhadap serangan penyakit.

“Pemeriksaan kesehatan para Lansia ini rutin dilaksanakan sebulan sekali oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Manna, bekerja sama Bidan Desa, Kader Posyandu dan Posbindu Desa,” jelas Kepala Desa.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan positif dari warga Desa Tanjung Besar. Masyarakat mengapresiasi upaya Pemerintah Desa dalam menyelenggarakan Posbindu yang memberikan pemeriksaan kesehatan secara komprehensif guna mencegah dan mengurangi risiko penyakit PTM.

Keberadaan Tim Medis, Bidan Desa, dan Kader Kesehatan memberikan rasa aman dan kepercayaan kepada peserta dalam mengikuti kegiatan ini.

Kades berharap kegiatan Posbindu ini dapat dilaksanakan secara berkala guna meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam menjaga kesehatan dan mencegah PTM.

Dengan adanya kegiatan Posbindu PTM dan Lansia ini, diharapkan masyarakat Desa Tanjung Besar semakin teredukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan dan mencegah penyakit PTM. Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat setempat. (Zal Saragih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!