Bapemperda DPRD Kaur Sepakati Lima Rencana Peraturan Daerah (Raperda) Menjadi Perda.

  • //
    KAUR,  Majalahpost.com – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Kaur menyepakati lima Rencana Peraturan Daerah (Raperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Ini terlihat dari hasil rapat singkronisasi dan harmonisasi antara Bapemperda DPRD Kaur dan OPD jajaran Pemda Kaur. Selasa (16/04/2024).

Rapat dipimpin Ketua Bapemperda Firjan Eka Budi, AP.,SE diikuti anggota Bapemperda DPRD Kaur serta OPD terkait. Rapat digelar diruang rapat komisi II DPRD Kaur.

“Rapat singkronisasi dan harmonisasi yang dilaksanakan untuk mengetahui secara detil Raperda yang diajukan pihak Pemda Kaur untuk dijadikan Perda. Dari hasil rapat Bapemperda menyepakati Raperda yang diajukan akan disahkan menjadi Perda melalui sidang paripurna nantinya,” ucap Firjan Eka Budi, AP, SE Minggu (21 /04/2024)

Dikatakannya, adapun lima Raperda yang disepakati dan akan dijadikan Perda mulai dari Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2023. Raperda tentang perubahan APBD tahun anggaran 2024, Raperda tentang penyusunan APBD tahun anggaran 2025.

Tiga Raperda tersebut selaku pemrakasa atau mempertangungjawabkan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Bagian Hukum Pemda Kaur.

Selanjutnya masih menurut Ketua Bapemperda, Raperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Kaur tahun anggaran 2025-2045.

Selaku OPD pemrakasa atau mempertangungjawabkan Bappeda dan Litbang Kabupaten Kaur dan Raperda terakhir tentang penyandang disabilitas, selaku OPD pemrakasa atau mempertangungjawabkan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kaur.

Terpisah, Kabag Hukum Pemda Kaur Dasrul Imran, SH membenarkan, usulan lima Raperda untuk dijadikan Perda telah disepakati Bapemperda DPRD Kaur.

Dengan telah disetujui, maka lima Raperda tersebut akan dijadikan Perda dan akan digunakan dalam kelanjutan pembangunan di Kabupaten Kaur.

Raperda yang diajukan sangat penting baik itu tentang pengelolaan anggaran maupun pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Kaur.

Dengan telah ada kesepakatan antara Eksekutif dan Legislatif tentang Raperda maka dalam waktu dekat usulan lima Raperda akan segera disahkan DPRD Kaur menjadi Perda. kesepakatan yang ada tidak lain karena adanya kerjasama antara DPRD Kaur dan Pemda Kaur dalam pembangunan dan kemajuan di Kabupaten Kaur.” tutupnya. (franky/ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!