Bakal Realisasikan Dana Ketahanan Pangan, Pemdes Babatan Ulu Gelar Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak

Bengkulu Selatan | majalahpost.com – Tahun 2023 Desa Baban Ulu Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan mengalokasikan anggaran ketahanan pangan 20 persen untuk kegiatan pengadaan hewani (unggas).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Desa Babatan Ulu Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan Samsahadi pada saat menghadiri kegiatan pelatihan pembuatan pakan dan kandang ternak. Senin (13/03/2023).

Dijelaskan Kades, kegiatan pengadaan unggas merupakan sala satu program ketahanan pangan Desa Babatan Ulu tahun 2023. Rencananya unggas tersebut akan di bagikan kepada masyarakat untuk di pelihara.

“Desa Babatan Ulu akan membeli unggas (Itik Petelur), anggarannya 20 persen dari Dana Desa, nantinya unggas ini akan kita bagikan kepada masyarakat secara gratis, dan seluruh masyarakat yang bersomisil di Desa Bbatan Ulu akan menerima, untuk pembaginnya bukan per KK tapi per buah rumah,” ujar Kades.

“Karena kita akan membeli unggas (Itik Petelur) maka Pemerintah Desa melaksanakan kegiatan pelatihan ini, tujuannya agar masyarakat paham cara buat pakan dan cara memeliharanya agar Itik itu bisa produktif,” ungkap Kades.

Dirinya juga menjelaskan, tujuan dari pada pelatihan ini adalah agar masyarakat mengerti cara membuat pakan itik, dan kalau sudah mengerti kedepanya masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pakan tidak perlu beli lagi melainkan bisa membuat sendiri dengan memanfatkan bahan yang ada di sekitar.

“Saya berharap nanatinya masyarakat yang mengikuti pelatihan ini benar-benar memperhatikan dan menulis apa yang disampaikan oleh Narasumber, agar supaya bapak-bapak dan ibu-ibu paham,” ungkap Kades.

Selain itu Kata Kades, program ketahanan pangan ini sala satunya adalah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Harapannya dengan adanya kegiatan ketahanan ini masyarakat bisa lebih maju perekonomiannya,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Anda tidak punya izin copy..!!